Soal Tema 4 Kelas 4 Sd/Mi K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Berikut ini yaitu pola latihan Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Tahun Ajaran 2019/2020 lengkap dengan kunci jawaban. Semoga Soal Tematik Kelas 4 Tema 4 mapel Bahasa Indonesia ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 4 yang sudah memakai Kurikulum 2013.
I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Perhatikan potongan dongeng berikut untuk soal nomor 1 dan 2 !
Para binatang di sebuah peternakan meributkan siapa yang menjadi pemimpin mereka. Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku binatang paling besar dan paling berpengaruh di peternakan ini, kata Kerbau
1. Watak tokoh Kerbau dalam dongeng tersebut yaitu ....
a. kuat
b. dermawan
c. sombong
d. lemah
2. Komentar yang sesuai tabiat Kerbau pada dongeng tersebut yaitu ....
a. Saya suka kepada Kerbau alasannya yaitu paling kuat
b. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu mengalahkan binatang lain.
c. Saya suka kepada Kerbau alasannya yaitu dermawan.
d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu sombong.
3. Ada sebuah keluarga miskin. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berladang. Pak Somad begitulah orang memanggilnya. Walau tinggal di dalam gubuk, Pak Somad, anak, dan istri hidup bahagia.
Latar dari kutipan dongeng tersebut yaitu ….
a. ladang
b. gubuk
c. keluarga miskin
d. hutan
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab soal no 4 – 5 !
Rama Harimau mempunyai seorang putra namanya si Loreng. Tidak mirip Rama, Harimau yang populer sangat bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. beliau juga sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup memakai batu.
4. Tokoh yang berwatak antagonis yaitu ....
a. Semut Merah
b. Si Loreng
c. Rama Harimau
d. tidak ada
5. Watak Rama Harimau yaitu ....
a. bijaksana
b. bengis
C. jahil
d. sombong
6. Perhatikan kutipan dongeng di bawah ini!
.... la sangat bersyukur sekali mendapat pekerjaan tersebut, namun hingga suatu ketika ia diperintahkan oleh saudagar kaya itu untuk ikut berdagang ke sebuah pulau yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Sesampainya di sana, ia diperintahkan untuk memberatkan timbangannya biar mendapat laba yang sangat besar dari pulau tersebut.
Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, saudagar merupakan tokoh ....
a. protagonis
b. tritagonis
c tambahan
d. antagonis
7. Tokoh protagonis disebut juga dengan tokoh ....
a. baik
b. jahat
c. pelengkap
d. penengah
8. Pada zaman dahulu, di tempat Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.
Latar tempat pada potongan dongeng tersebut yaitu ....
a. sawah
b. ladang
c. di desanya
d. tempat Jawa Barat
9. Bacalah dongeng berikut ini !
Diana tidak kuasa menahan tangisnya ketika menuturkan kondisi keluarganya. Diana sengaja keluar dari sekolah. la tidak mempunyai biaya untuk sekolah. Ia harus mengurus dirinya dan sang ibu. Keinginan Diana bahwasanya tidak berlebihan. Pengamen cilik yang biasa mangkal di perempatan jalan itu hanya ingin sekolah.
Cerita di atas mempunyai tema ....
a. keikhlasan seorang anak
b. kejujuran seorang anak
c. kesedihan seorang anak
d. ketulusan hati seorang anak
10. Tahap awal dari alur dongeng disebut tahap ....
a. konflik
b. klimaks
c. perkenalan
d. penyelesaian
Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 11 - 12 !
Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga tempat tinggalnya, ketika
dilihatnya Pupi si anggun kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, saya harus segera bersembunyi," kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan mengakibatkan pertengkaran.
11. Tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut yaitu ....
a. Bee dan Pupi
b. Bee dan kupu-kupu
c. Lebah dan Pupi
d. Lebah dan kupu-kupu
12. Latar dongeng tersebut yaitu ....
a. hutan
b. kebun buah
c. taman bunga
d. halaman rumah
13. Anak-anak mengikuti rangkaian insiden dalam dongeng "Bambam yang Setia" dari awal hingga akhir. Bagian kalimat yang dicetak tebal sanggup diganti dengan istilah ....
a. amanat
b. judul
c. tema
d alur
14. Berikut ini cara mendeskripsikan tokoh dongeng secara analitik, yaitu ....
a. melalui obrolan antartokoh
b. dijelaskan oleh pengarang
c melalui konflik yang terjadi
d. melalui sikap para tokohnya
15. Riwayat penulis, cara pandang penulis dan kondisi ketika karya sastra dibentuk termasuk dalam unsur ....
a. intrinsik
b. ekstrinsik
c. utama
d. inti
16. Berikut ini yang tidak termasuk hal-hal yang sanggup dipakai untuk mengetahui perwatakan tokoh suatu dongeng yaitu ….
a. perkataan dan perbuatan tokoh
b. pembicaraan tokoh-tokoh lain
c. tuturan eksklusif pengarang
d ringkasan cerita
Bacalah petikan dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 17 – 18 !
Dengan tertatih-tatih seorang nenek bau tanah berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian nenek itu mengambil kan-ikan dan membawanya ke tempat yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, Nenek yang baik, kau telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh gembira.
17. Latar dongeng tersebut yaitu ….
a. sebuah danau yang melimpah airnya
b. sebuah danau yang kering
c. sebuah hutan belantara
d. tepi sungai
18. Kalimat di bawah ini yang mengatakan tabiat salah satu tokohnya yaitu .…
a. Ikan-ikan bangga ditolong nenek.
b. Nenek mengambil emas dengan gembira.
c. Nenek itu memasukkan ikan ke tempat yang berair.
d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus ikhlas
19. Amanat yang sanggup diambil dari dongeng tersebut yaitu ….
a. Nenek itu terperanjat penuh gembira.
b. Berbuat oke kau kepada semua makhluk
c Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.
d. Nenek mengambil ikan dan membawanya ke tempat air
20. Nilai-nilai baik yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ....
a. sudut pandang
b. pesan moral
c. latar
d. alur
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Tokoh yang mempunyai sifat tercela dalam sebuah dongeng disebut tokoh ….................................................
2. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah dongeng disebut …..............................
3. Penggambaran karakter tokoh dalam dongeng melalui cara berpakaian, postur badan dan bentuk rambut termasuk dalam metode …...........................................................................................................
4. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut …..........................................
5. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah dongeng dari dalam sebuah dongeng disebut …................
6. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut …..............................
7. Sifat atau tabiat yang dimiliki tiap tokoh dongeng disebut ….....................................................................
8. Tempat terjadinya insiden dalam dongeng disebut ….............................................................................
9. Penokohan yang sanggup dilihat secara eksklusif dan tidak berbelit-belit memakai ...................…
10. Rangkaian insiden dalam dongeng yang saling bekerjasama disebut ….............................................
Perhatikan potongan dongeng berikut untuk soal nomor 11 – 14 !
Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang terpelajar mencoba membohongi Harimau.
11. Tokoh kutipan dongeng tersebut yaitu ….........................................................................................
12. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di .........................................................................
13. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan dongeng tersebut yaitu ...............................................
14. Watak tokoh Kancil dalam kutipan dongeng tersebut yaitu ............................................................
15. Cara pengarang menceritakan kisah dalam dongeng disebut ….............................................................
16. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis yaitu ….....................................................................
17. Gambaran tempat dan waktu terjadinya insiden dalam dongeng disebut …........................................
18. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. spesial alasannya yaitu kali ini bawah umur berguru dengan polisi. Sengaja Bu Yuli, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar bawah umur tidak jenuh, "kata Bu Yuli waktu ditanya anak-anak.
Latar atau tempat insiden pada potongan dongeng tersebut yaitu …......................................................
19. Gagasan atau inspirasi yang ada dalam dongeng disebut …............................................................................
20. Individu yang mengalami insiden dalam dongeng disebut ..................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2 Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
3. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
4. Sebutkan beberapa cara yang sanggup dijadikan cara untuk memahami tabiat tokoh!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
5. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
6. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
7. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
8. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah cerita
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
9. Apa yang dimaksud dengan fabel ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
10. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh dongeng !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
11. Perhatikan paragraf berikut!
Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, insan mustahil terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melaksanakan aktivitas bermanfaat yang dilakukan secara gotong royong. Dengan bergotong royong kita sanggup saling membantu, tolong-menolong, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama.
Jelaskan pesan moral yang terkandung dalam paragraf di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
12. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu dongeng !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
13. Bacalah dongeng berikut dengan cermat!
Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari mempunyai abang yang berjulukan Purbararang. la tidak sepakat adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga ketika itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam.
Bagaimana tabiat tokoh Purbararang?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
14. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan mengasihi sang raja.
Tulislah amanat yang sanggup dipetik dari potongan dongeng di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
15. Kucing yang malang itu sekarang tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah tanggapan dari kesombongannya selama ini beliau hanya sanggup meratapi sifat buruknya itu.
Tulislah amanat yang sempurna untuk potongan dongeng di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
16. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
17. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
18. Jelaskan cara untuk mengetahui karakter dalam cerpen!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Bacalah dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 - 20!
Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang cantik, kemudian si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan tiba-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, tiba-tiba singa menghadang serigala tersebut. Tak usang ibu rusa pun tiba sebagai hero untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari bahaya binatang buas tersebut
19. Apa tema dari dongeng tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
20. Apa latar suasana yang digambarkan pada dongeng tersebut !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2. d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu sombong.
3. b. gubuk
4. b. Si Loreng
5. a. bijaksana
6. d. antagonis
7. a. baik
8. d. tempat Jawa Barat
9. c. kesedihan seorang anak
10. c. perkenalan
11. d. Lebah dan kupu-kupu
12. c. taman bunga
13. d alur
14. b. dijelaskan oleh pengarang
15. a. intrinsik
16. d. ringkasan cerita
17. b. sebuah danau yang kering
18. d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus ikhlas
19. b. Berbuat oke kau kepada semua makhluk
20. b. pesan moral
2. perwatakan
3. penokohan
4. amanat
5. Unsur intrinsik
6. amanat
7. karakter
8. latar
9. metode analitik
10. alur
11. Kancil dan harimau
12. bawah pohon bambu
13. Kancil
14. cerdik
15. sudut pandang
16. antagonis
17. setting/latar
18. kelas 4
19. tema
20. tokoh
2. Latar atau setting yaitu citra tempat dan waktu terjadinya insiden dalam cerita
3. unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
4. obrolan antartokoh, diceritakan tokoh lain, diceritakan pengarang
5. tema, alur/plot, setting/latar, tokoh/pelaku, penokohan/perwatakan, sudut pandang, amanat
6. latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang
7. alur maju, alur mundur, alaur campuran
8. tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh tritagonis
9. Fabel yaitu dongeng yang menceritakan kehidupan binatang yang berperilaku mirip manusia.
10. Metode analitik yaitu pengarang menggambarkan tabiat tokoh secara langsung. Metode dramatik yaitu pengarang dalam menggambarkan tokoh secara tidak langsung.
11. Manusia sebagai makhluk sosial harus saling tolong-menolong
12. Pengantar, Penampilan masalah, Puncak ketegangan / klimaks, Ketegangan menurun / antiklimaks, Penyelesaian
13. jahat
14. orang yang menanam kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula
15. kita dihentikan bersikap sombong alasannya yaitu merugikan diri kita sendiri
16. Cara pengarang menceritakan kisah dalam cerita
17. Penokohan yaitu pemberian karakter kepada setiap tokoh yang ada di dalam cerita
18. dengan melihat obrolan antartokoh
19. kasih sayang ibu rusa kepada anaknya
20. mencekam
Download Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Itulah Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat. Sumber https://juraganles.blogspot.com/
Soal Tema 4 Kelas 4 (Bahasa Indonesia)
I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Perhatikan potongan dongeng berikut untuk soal nomor 1 dan 2 !
Para binatang di sebuah peternakan meributkan siapa yang menjadi pemimpin mereka. Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku binatang paling besar dan paling berpengaruh di peternakan ini, kata Kerbau
1. Watak tokoh Kerbau dalam dongeng tersebut yaitu ....
a. kuat
b. dermawan
c. sombong
d. lemah
2. Komentar yang sesuai tabiat Kerbau pada dongeng tersebut yaitu ....
a. Saya suka kepada Kerbau alasannya yaitu paling kuat
b. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu mengalahkan binatang lain.
c. Saya suka kepada Kerbau alasannya yaitu dermawan.
d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu sombong.
3. Ada sebuah keluarga miskin. Mereka menggantungkan hidup dari hasil berladang. Pak Somad begitulah orang memanggilnya. Walau tinggal di dalam gubuk, Pak Somad, anak, dan istri hidup bahagia.
Latar dari kutipan dongeng tersebut yaitu ….
a. ladang
b. gubuk
c. keluarga miskin
d. hutan
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab soal no 4 – 5 !
Rama Harimau mempunyai seorang putra namanya si Loreng. Tidak mirip Rama, Harimau yang populer sangat bijaksana dan juga dikagumi hewan-hewan di hutan, si Loreng binatang di hutan. Selain sangat jahil. beliau juga sombong. Sering si Loreng menindas binatang yang ada di hutan. Suatu hari si Loreng menemukan sarang Semut Merah. Segera sarang itu ditutup memakai batu.
4. Tokoh yang berwatak antagonis yaitu ....
a. Semut Merah
b. Si Loreng
c. Rama Harimau
d. tidak ada
5. Watak Rama Harimau yaitu ....
a. bijaksana
b. bengis
C. jahil
d. sombong
6. Perhatikan kutipan dongeng di bawah ini!
.... la sangat bersyukur sekali mendapat pekerjaan tersebut, namun hingga suatu ketika ia diperintahkan oleh saudagar kaya itu untuk ikut berdagang ke sebuah pulau yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Sesampainya di sana, ia diperintahkan untuk memberatkan timbangannya biar mendapat laba yang sangat besar dari pulau tersebut.
Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, saudagar merupakan tokoh ....
a. protagonis
b. tritagonis
c tambahan
d. antagonis
7. Tokoh protagonis disebut juga dengan tokoh ....
a. baik
b. jahat
c. pelengkap
d. penengah
8. Pada zaman dahulu, di tempat Jawa Barat ada seorang lelaki yang sangat kaya Seluruh sawah dan ladang di desanya menjadi miliknya.
Latar tempat pada potongan dongeng tersebut yaitu ....
a. sawah
b. ladang
c. di desanya
d. tempat Jawa Barat
9. Bacalah dongeng berikut ini !
Diana tidak kuasa menahan tangisnya ketika menuturkan kondisi keluarganya. Diana sengaja keluar dari sekolah. la tidak mempunyai biaya untuk sekolah. Ia harus mengurus dirinya dan sang ibu. Keinginan Diana bahwasanya tidak berlebihan. Pengamen cilik yang biasa mangkal di perempatan jalan itu hanya ingin sekolah.
Cerita di atas mempunyai tema ....
a. keikhlasan seorang anak
b. kejujuran seorang anak
c. kesedihan seorang anak
d. ketulusan hati seorang anak
10. Tahap awal dari alur dongeng disebut tahap ....
a. konflik
b. klimaks
c. perkenalan
d. penyelesaian
Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 11 - 12 !
Pagi itu lebah Bee sedang asyik mengisap madu di taman bunga tempat tinggalnya, ketika
dilihatnya Pupi si anggun kupu-kupu terbang memasuki taman itu juga. Wah, saya harus segera bersembunyi," kata Bee sambil menyelinap di sela-sela rumpun mawar. Bee dan Pupi tak pernah akur meskipun mereka bertempat tinggal di taman yang sama. Setiap hari selalu ada hal yang mereka perdebatkan dan mengakibatkan pertengkaran.
11. Tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut yaitu ....
a. Bee dan Pupi
b. Bee dan kupu-kupu
c. Lebah dan Pupi
d. Lebah dan kupu-kupu
12. Latar dongeng tersebut yaitu ....
a. hutan
b. kebun buah
c. taman bunga
d. halaman rumah
13. Anak-anak mengikuti rangkaian insiden dalam dongeng "Bambam yang Setia" dari awal hingga akhir. Bagian kalimat yang dicetak tebal sanggup diganti dengan istilah ....
a. amanat
b. judul
c. tema
d alur
14. Berikut ini cara mendeskripsikan tokoh dongeng secara analitik, yaitu ....
a. melalui obrolan antartokoh
b. dijelaskan oleh pengarang
c melalui konflik yang terjadi
d. melalui sikap para tokohnya
15. Riwayat penulis, cara pandang penulis dan kondisi ketika karya sastra dibentuk termasuk dalam unsur ....
a. intrinsik
b. ekstrinsik
c. utama
d. inti
16. Berikut ini yang tidak termasuk hal-hal yang sanggup dipakai untuk mengetahui perwatakan tokoh suatu dongeng yaitu ….
a. perkataan dan perbuatan tokoh
b. pembicaraan tokoh-tokoh lain
c. tuturan eksklusif pengarang
d ringkasan cerita
Bacalah petikan dongeng berikut untuk menjawab soal nomor 17 – 18 !
Dengan tertatih-tatih seorang nenek bau tanah berjalan menelusuri danau yang kekeringan. Dilihatnya ikan-ikan menggelepar-gelepar kekurangan air. Kemudian nenek itu mengambil kan-ikan dan membawanya ke tempat yang terdapat air. Tak disangka, ikan itu berkata, Nenek yang baik, kau telah menolongku dengan ikhlas. Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari." Nenek itu terperanjat penuh gembira.
17. Latar dongeng tersebut yaitu ….
a. sebuah danau yang melimpah airnya
b. sebuah danau yang kering
c. sebuah hutan belantara
d. tepi sungai
18. Kalimat di bawah ini yang mengatakan tabiat salah satu tokohnya yaitu .…
a. Ikan-ikan bangga ditolong nenek.
b. Nenek mengambil emas dengan gembira.
c. Nenek itu memasukkan ikan ke tempat yang berair.
d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus ikhlas
19. Amanat yang sanggup diambil dari dongeng tersebut yaitu ….
a. Nenek itu terperanjat penuh gembira.
b. Berbuat oke kau kepada semua makhluk
c Sekarang ambillah emas ini untuk hidupmu sehari-hari.
d. Nenek mengambil ikan dan membawanya ke tempat air
20. Nilai-nilai baik yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ....
a. sudut pandang
b. pesan moral
c. latar
d. alur
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Tokoh yang mempunyai sifat tercela dalam sebuah dongeng disebut tokoh ….................................................
2. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah dongeng disebut …..............................
3. Penggambaran karakter tokoh dalam dongeng melalui cara berpakaian, postur badan dan bentuk rambut termasuk dalam metode …...........................................................................................................
4. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut …..........................................
5. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah dongeng dari dalam sebuah dongeng disebut …................
6. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut …..............................
7. Sifat atau tabiat yang dimiliki tiap tokoh dongeng disebut ….....................................................................
8. Tempat terjadinya insiden dalam dongeng disebut ….............................................................................
9. Penokohan yang sanggup dilihat secara eksklusif dan tidak berbelit-belit memakai ...................…
10. Rangkaian insiden dalam dongeng yang saling bekerjasama disebut ….............................................
Perhatikan potongan dongeng berikut untuk soal nomor 11 – 14 !
Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang terpelajar mencoba membohongi Harimau.
11. Tokoh kutipan dongeng tersebut yaitu ….........................................................................................
12. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di .........................................................................
13. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan dongeng tersebut yaitu ...............................................
14. Watak tokoh Kancil dalam kutipan dongeng tersebut yaitu ............................................................
15. Cara pengarang menceritakan kisah dalam dongeng disebut ….............................................................
16. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis yaitu ….....................................................................
17. Gambaran tempat dan waktu terjadinya insiden dalam dongeng disebut …........................................
18. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. spesial alasannya yaitu kali ini bawah umur berguru dengan polisi. Sengaja Bu Yuli, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar bawah umur tidak jenuh, "kata Bu Yuli waktu ditanya anak-anak.
Latar atau tempat insiden pada potongan dongeng tersebut yaitu …......................................................
19. Gagasan atau inspirasi yang ada dalam dongeng disebut …............................................................................
20. Individu yang mengalami insiden dalam dongeng disebut ..................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
2 Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
3. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
4. Sebutkan beberapa cara yang sanggup dijadikan cara untuk memahami tabiat tokoh!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
5. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
6. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
7. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
8. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah cerita
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
9. Apa yang dimaksud dengan fabel ?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
10. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh dongeng !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
11. Perhatikan paragraf berikut!
Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, insan mustahil terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melaksanakan aktivitas bermanfaat yang dilakukan secara gotong royong. Dengan bergotong royong kita sanggup saling membantu, tolong-menolong, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama.
Jelaskan pesan moral yang terkandung dalam paragraf di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
12. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu dongeng !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
13. Bacalah dongeng berikut dengan cermat!
Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari mempunyai abang yang berjulukan Purbararang. la tidak sepakat adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga ketika itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam.
Bagaimana tabiat tokoh Purbararang?
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
14. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan mengasihi sang raja.
Tulislah amanat yang sanggup dipetik dari potongan dongeng di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
15. Kucing yang malang itu sekarang tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah tanggapan dari kesombongannya selama ini beliau hanya sanggup meratapi sifat buruknya itu.
Tulislah amanat yang sempurna untuk potongan dongeng di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
16. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah cerita!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
17. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
18. Jelaskan cara untuk mengetahui karakter dalam cerpen!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Bacalah dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 - 20!
Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang cantik, kemudian si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan tiba-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, tiba-tiba singa menghadang serigala tersebut. Tak usang ibu rusa pun tiba sebagai hero untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari bahaya binatang buas tersebut
19. Apa tema dari dongeng tersebut!
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
20. Apa latar suasana yang digambarkan pada dongeng tersebut !
Jawab : .....................................................................................................................................................
.......................................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. c. sombong2. d. Saya tidak suka kepada Kerbau alasannya yaitu sombong.
3. b. gubuk
4. b. Si Loreng
5. a. bijaksana
6. d. antagonis
7. a. baik
8. d. tempat Jawa Barat
9. c. kesedihan seorang anak
10. c. perkenalan
11. d. Lebah dan kupu-kupu
12. c. taman bunga
13. d alur
14. b. dijelaskan oleh pengarang
15. a. intrinsik
16. d. ringkasan cerita
17. b. sebuah danau yang kering
18. d. Nenek yang baik telah menolong ikan-ikan dengan tulus ikhlas
19. b. Berbuat oke kau kepada semua makhluk
20. b. pesan moral
Kunci Jawaban Room II
1. antagonis2. perwatakan
3. penokohan
4. amanat
5. Unsur intrinsik
6. amanat
7. karakter
8. latar
9. metode analitik
10. alur
11. Kancil dan harimau
12. bawah pohon bambu
13. Kancil
14. cerdik
15. sudut pandang
16. antagonis
17. setting/latar
18. kelas 4
19. tema
20. tokoh
Kunci Jawaban Room III
1. manusia, binatang2. Latar atau setting yaitu citra tempat dan waktu terjadinya insiden dalam cerita
3. unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
4. obrolan antartokoh, diceritakan tokoh lain, diceritakan pengarang
5. tema, alur/plot, setting/latar, tokoh/pelaku, penokohan/perwatakan, sudut pandang, amanat
6. latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang
7. alur maju, alur mundur, alaur campuran
8. tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh tritagonis
9. Fabel yaitu dongeng yang menceritakan kehidupan binatang yang berperilaku mirip manusia.
10. Metode analitik yaitu pengarang menggambarkan tabiat tokoh secara langsung. Metode dramatik yaitu pengarang dalam menggambarkan tokoh secara tidak langsung.
11. Manusia sebagai makhluk sosial harus saling tolong-menolong
12. Pengantar, Penampilan masalah, Puncak ketegangan / klimaks, Ketegangan menurun / antiklimaks, Penyelesaian
13. jahat
14. orang yang menanam kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula
15. kita dihentikan bersikap sombong alasannya yaitu merugikan diri kita sendiri
16. Cara pengarang menceritakan kisah dalam cerita
17. Penokohan yaitu pemberian karakter kepada setiap tokoh yang ada di dalam cerita
18. dengan melihat obrolan antartokoh
19. kasih sayang ibu rusa kepada anaknya
20. mencekam
Itulah Soal Tema 4 Kelas 4 SD/MI K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat. Sumber https://juraganles.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Soal Tema 4 Kelas 4 Sd/Mi K13 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"
Posting Komentar