Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia Dan Kunci Jawaban

Berikut ini ialah teladan latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Semoga Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 mata pelajaran Bahasa Indonesia ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 5 yang sudah memakai Kurikulum 2013.

Soal Tematik Tema 5 Kelas 5 (Bahasa Indonesia)

\
Berikut ini ialah teladan latihan Soal Tematik Kelas  Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1 Teks yang dibentuk berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam
kehidupan kita sehari-hari disebut teks ....
a. fiksi
b. nonfiksi
c. naratif
d. deskriptif

2. Pokok pikiran dalam sebuah paragraf sanggup dipahami dengan gampang melalui ....
a. kalimat pertama
b. seluruh paragraf
c. kalimat terakhir
d. kalimat utama

3. Penjabaran dari inspirasi pokok paragraf dilakukan oleh ....
a. kalimat penjelas
b. kalimat penghubung
c. kalimat tanya
d. kalimat perintah

Perhatikan paragraf berikut untuk soal nomor 4 dan 5 !
Setiap hari Jumat,sekolah kami mengadakan acara Jumat Bersih. Untuk memperlancar acara tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, ibarat sapu dan kemoceng
Kegiatan Jumat Bersih ahad ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga
mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

4. Ide pokok dalam paragraf di atas terletak pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. selesai paragraf
d. seluruh paragraf

5. Kalimat utama dalam paragraf di atas ialah ….
a. Untuk memperlancar acara tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan.
b. Kegiatan Jumat Bersih ahad ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah
c. Gerakan mengharumkan sekolah.
d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan acara Jumat Bersih.

6. Jika kau diminta mengamati cara pengolahan susu sapi, lokasi pengamatan yang sempurna ialah ....
a. pabrik pengolahan susu sapi
b. pemilik sapi perah
c. penjual susu segar
d. tempat pemerahan susu sapi

7. Bahasa yang dipakai dalam penulisan laporan pengamatan ialah ....
a. gaul
b. baku
c. sehari-hari
d. tidak baku

Perhatikan paragraf berikut!
Sumber utama data kependudukan ialah Sensus Penduduk, yang dilaksanakan setiap sepuluh
Tahun sekali. Sensus Penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali semenjak merdeka, yaitu tahun
1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan yang terakhir tahun 2010. Selain Sensus Penduduk juga dilakukan Survei Penduduk Antar sensus yang dilaksanakan antara dua periode sensus.

8. Pokok pikiran paragraf di atas ialah ....
a. sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun 2010
b. sensus penduduk dibantu dengan pelaksanaan survei penduduk antarsensus
c. sumber utama data kependudukan ialah sensus penduduk
d. sensus penduduk telah dilaksanakan sebanyak enam kali

9. Sebelum menulis karangan nonfiksi, sebaiknya didahului dengan menciptakan ....
a. panjang karangan
b. tujuan karangan
c. judul karangan
d. kerangka karangan

10. Hutan ialah salah satu daerah yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam binatang. Hutan biasanya berada di daerah pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas ialah ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan ialah daerah yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan bermacam-macam binatang.
c. Hutan ialah daerah yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan bermacam-macam tumbuhan.

11. Sebuah teks mempunyai judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi

12. Kerusakan ekosistem maritim disebabkan oleh penangkapan ikan dengan materi peledak. Informasi di atas sanggup diketahui dengan kata tanya….
a. siapa
b. kapan
c. di mana
d. mengapa

13. Ide pokok yang berada di kalimat awal sebuah paragraf merupakan ciri paragraf ....
a. deduktif
b. deskriptif
c. induktif
d. naratif

14. Kalimat topik dalam sebuah paragraf diperinci dengan ….
a. kalimat penjelas
b. gambar
c. tabel pemerian
d. catatan kaki

15. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebetulnya semenjak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga menciptakan resah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati niscaya tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.

Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut ialah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati semenjak hari Kamis
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.

16. Ide utama dari sebuah paragraf ialah ….
а. pikiran penjelas
b. pikiran pokok
c. tema
d. kalimat tanya

Perhatikan teks bacaan berikut ini!

Jalan Layang
Jalan di kota besar banyak jumlahnya. Selain banyak, jalan di kota-kota besar lebar dan dilengkapi dengan trotoar. Jalan yang lebar itu ditujukan bagi kendaraan, sedangkan trotoar ditujukan bagi pejalan kaki.

Jumlah kendaraan semakin hari semakin banyak menciptakan suasana di persimpangan
jalan juga semakin padat. Di persimpangan itu, biasanya dipasang lampu kemudian lintas. Karena semakin hari semakin padat, pada beberapa persimpangan yang paling ramai, dibentuk jalan di-atas jalan, namanya jalan layang.

17. Pikiran pokok paragraf pertama ialah ....
а. Jalan di kota besar lebar.
b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
c. Jalan yang lebar untuk kendaraan.
d. Trotoar untuk pejalan kaki.

18. Kalimat utama diuraikan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf yang disebut kalimat...
a. penjelas
b. utama
c. pokok
d. pendukung

19. Perhatikan percakapan berikut ini!

Andi : "Ton, bagaimana kau sanggup memelihara binatang piaraanmu dengan baik? Kamu tentu memberi makan dengan baik, kan?"
Anton : : "Tentu saja, Andi. Orang tuaku tidak akan memperlihatkan izin memelihara binatang di rumah kalau saya tidak sanggup memeliharanya dengan baik."

Informasi yang diperoleh dari percakapan di atas ialah ....
a. Anton sanggup memelihara binatang dengan baik.
b. Anton tidak memelihara binatang dengan baik
c. Andi sanggup memelihara binatang dengan baik.
d. Andi bahagia bisa memelihara binatang dengan baik.

20. Bacalah teks berikut ini dengan saksama !
Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak eksklusif pada keberlangsungan hidup insan kelak. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan akhir ulah insan ialah ekosistem darat dan laut. Akibat dari ketidakseimbangan ekosistem ini, populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang. Agar bumi menjadi tempat yang kondusif untuk ditempati, keseimbangan ekosistem hutan dan maritim perlu dijaga.

Kalimat topik paragraf di atas ialah ....
a. Keseimbangan ekosistem hutan dan maritim perlu dijaga.
b. Ekosistem yang paling banyak mengalami ketidakseimbangan akhir ulah insan ialah ekosistem darat dan laut.
c. Ekosistem yang tidak seimbang akan berdampak eksklusif pada keberlangsungan hidup insan kelak.
d. Populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya akan berkurang atau hilang.

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Bagaimana ciri-ciri teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

2. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami isi teks nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

3. Apa fungsi dari peta pikiran?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

4. Perhatikan paragraf berikut!
Pencemaran yang disebabkan ulah insan menciptakan alam tidak bisa kembali ke kondisi  semula, Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi.

Apa pokok pikiran paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

5. Tuliskan cara menciptakan ringkasan yang baik!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

6. Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan positif banyak jenisnya. Ada acara yang memerlukan tenaga saja hingga memerlukan
pemikiran. Contoh acara yang memerlukan tenaga, contohnya berkebun. Contoh acara yang
memerlukan pemikiran, contohnya belajar.

Apa gagasan utama paragraf di atas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

7. Uraikan langkah-langkah menciptakan teks norfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

8. Apa yang kau ketahui wacana ringkasan paragraf?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

9. Perhatikan teks berikut !
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Yogyakarta. Perjalanan dari Solo menuju Kebun Binatang Gembira Loka sanggup ditempuh selama dua jam. Kebun binatang ini ialah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Di kebun binatang, pengunjung sanggup melihat beraneka ragam binatang. Baik binatang buas, binatang bertubuh besar maupun kecil. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Binatang-binatang ditempatkan sesuai dengan lingkungan hidupnya. Binatang yang hidup di air ibarat buaya dan kuda nil ditempatkan di kolam-kolam besar. Binatang buas dibuatkan sangkar yang kuat. Burung dibuatkan tempat khusus, berupa sangkar-sangkar yang luas. Semua itu memudahkan pengunjung untuk melihat secara bersahabat sikap binatang tanpa takut diterkam.

Buatlah ringkasan dari bacaan di atas !
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

10. Tuliskan sebuah teks singkat wacana pengalaman pribadimu!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

11. Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

12. Sebutkan beberapa jenis kata tanya beserta fungsinya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

13. Bagaimana cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

14. Apa yang dimaksud dengan membaca memindai ?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

15. Apa saja langkah penting dalam membaca sekilas?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

16. Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan acara Jumat Bersih. Untuk memperlancar acara tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan,seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jumat Bersih ahad ini tidak hanya sekadar membersihkan lingkungan sekolah, tetapl juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.

Temukan kalimat utama dalam paragraf di atas!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

18. Sebutkan langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

19. Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan?
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

20. Sebutkan kata tanya yang dipakai dalam menciptakan suatu pertanyaan! Berikan contohnya!
Jawab : …..................................................................................................................................................
.........................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. b. nonfiksi
2. d. kalimat utama
3. a. kalimat penjelas
4. a. awal paragraf
5. d. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan acara Jumat Bersih.
6. a. pabrik pengolahan susu sapi
7. b. baku
8. c. sumber utama data kependudukan ialah sensus penduduk
9. d. kerangka karangan
10. a. deduktif
11. c. Hutan ialah daerah yang alami.
12. d. teks nonfiksi
13. d. mengapa
14. a. kalimat penjelas
15. d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
16. b. pikiran pokok
17. b. Jalan di kota besar banyak jumlahnya.
18. a. penjelas
19. a. Anton sanggup memelihara binatang dengan baik.
20. a. Keseimbangan ekosistem hutan dan maritim perlu dijaga.

Kunci Jawaban Room II

1. Ciri-ciri teks nonfiksi :
a. Ditulis dengan tidak memakai gaya bahasa.
b. Sifat katanya denotatif atau dengan makna sebenarnya.
c. Berbentuk karangan ilmiah.
d. Ditulis berdasarkan pengamatan atau penelitian
e. Tulisan berdasarkan kenyataan

2. judul teks, penggunaan bahasa, berdasarkan fakta
3. Fungsi dari peta pikiran yaitu untuk menciptakan catatan hal-hal penting yang saling berkaitan untuk keperluan tertentu

4. Pencemaran yang disebabkan ulah manusia
5. Cara menciptakan ringkasan yang baik :
-membaca dengan cermat bacaan yang akan di ringkas
-menulis pokok-pokok penting dari bacaan
-menulis pokok-pokok tersebut menjadi paragraf

6. Kegiatan positif banyak jenisnya.
7. Langkah-langkah menciptakan teks norfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan (seperti pembukaan, isi, penutup)
5. Menyusun paragraf

8. Ringkasan paragraf ialah pokok-pokok terpenting dari sebuah paragraf

9. Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta ialah salah satu tempat wisata yang banyak digemari. Semua binatang dirawat dengan baik. Diperhatikan kesehatan dan makanannya. Kebun binatang ini juga memudahkan pengunjung untuk melihat secara bersahabat sikap binatang tanpa takut diterkam.

10. Aku termasuk murid yang berprestasi. Semua pelajaran sekolah saya sukai. Pelajaran matematika bisa dibilang akulah jagonya. Yang paling tidak saya suka di sekolah ialah saat ulangan. Bukan lantaran ulangannya. Tapi lantaran ulah teman-temanku. Kebetulan saya punya sobat satu dingklik dan dua sobat di dingklik belakangku. Ketiganya itu sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak. Mereka itu suka menyontek. Makara setiap ulangan akulah yang harus berguru sementara mereka kerjanya hanya menyontek. Jika saya tidak memperlihatkan jawabannya, maka saya dimusuhi. Aku selalu saja berdasarkan lantaran saya takut dengan ketiga temanku yang semuanya bertubuh besar.

11. Membaca intensif ialah membaca suatu bacaan dengan sungguh-sungguh dan memahami isi bacaan

12. Ada 7 kata yang termasuk ke dalam kelompok kata tanya, yakni sebagai berikut :
1. Apa, fungsinya untuk menanyakan sesuatu.
2. Siapa, fungsinya untuk menanyakan mengenai pelaku suatu kejadian.
3. Kapan, fungsinya untuk menanyakan waktu berlangsungnya suatu kerjadian.
4. (di, ke, dari) mana, fungsinya ialah untuk menanyakan tempat
5. Mengapa, fungsinya untuk menanyakan alasan atau penyebab suatu peristiwa.
6. Bagaimana fungsinya untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan proses atau cara
7. Berapa, fungsinya untuk menanyakan jumlah, banyaknya, atau satuan.

13. Cara menemukan sebuah kalimat topik dalam bacaan :
a. Melihat pada judul bacaan.
b. Menemukan kalimat utama yang biasanya terletak pada cuilan awal atau cuilan selesai paragraf bacaan.
c. Menemukan kata kunci yang terdapat dalam bacaan.

14. Membaca memindai ialah membaca untuk menemukan info secara cepat dan tepat.
Contoh : mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus

15. Kenali materi bacaan, kenali inspirasi pokok, lakukan pergerakan mata dengan cepat
16. Teks non-fiksi ialah teks yang dibentuk berdasarkan kenyataan yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan.

17. Setiap hari Jumat, sekolah kami mengadakan acara Jumat Bersih.
18. Langkah-langkah dalam menyusun karangan nonfiksi :
1. Menentukan tema
2. Merumuskan tujuan
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
4. Menyusun kerangka karangan
5. Menyusun paragraf
19. Laporan kunjungan ialah suatu laporan yang dibentuk atau ditulis sehabis melaksanakan kunjungan

20. Kata tanya dan contohnya :
1. Apa, contohnya :  Apa warna kesukaanmu?
2. Siapa, contohnya : Siapa nama adikmu?
3. Kapan, contohnya : Kapan kau ke rumahku?
4. (di, ke, dari) mana, contohnya : Di mana tempat paling kondusif untuk menyimpan uang ?
5. Mengapa, contohnya : Mengapa kau tidak tiba di pesta ulang tahunku?
6. Bagaimana, contohnya : Bagaimana cara menciptakan bunga sebagus ini ?
7. Berapa, contohnya : Berapa banyak air yang kau minum dalam sehari?

Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban

Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia dan Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Sumber https://juraganles.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Bahasa Indonesia Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel