Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ppkn Dan Kunci Jawaban

Berikut ini ialah pola latihan Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Semoga Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 mata pelajaran PPKn ini sanggup dijadikan acuan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 5 yang sudah menggunakan Kurikulum 2013.

Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 (PPKn)


Berikut ini ialah pola latihan Soal Tematik Kelas  Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (x) pada karakter a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia ialah ....
a. Tiga Serangkai
b. Tri Koro Darmo
c. Budi Utomo
d. Jong Java

2. Pelajar sanggup berperan dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan cara ….
a. ikut bergabung dalam organisasi masyarakat
b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
c. mengikuti bimbingan berguru mandiri
d. berangkat sekolah sempurna waktu

3. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 ialah ....
a. Kongres Pemuda l
b. Kongres Pemuda II
c. Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
d. Agresi Militer

4. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa .... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas ialah ....
a. daerah
b. nasional
c. persatuan
d. satu

5. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. Tentara Nasional Indonesia dan Polri
c. tokoh agama
d. seluruh rakyat Indonesia

6. Semangat persatuan dan kesatuan harus kita terapkan dalam kehidupan. Contah perilaku yang mengatakan hal tersebut ialah ….
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak suka musyawarah
c. tidak suka membantu orang lain
d. sulit berteman

7. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang harus kita jaga ialah ....
а. agama
b. bahasa daerah
c. warna kulit
d. tumpah darah

8. Jika ada sahabat yang suka bergaul dengan orang yang kaya saja sebaiknya ....
a. kita dukung sepenuhnya
b. kita dekati alasannya sama dengan kita
c. dinasihati semoga tidak membeda-bedakan
d. kita puji alasannya teman-temannya kaya

9. Putu, Wirya, dan Samuel berasal dari tempat yang berbeda-beda. Namun, mereka menjadi ternan
satu kelas. Dalam keseharian, mereka menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Contoh di atas merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ....
a. pertikaian
b. persatuan
c. permusuhan
d. pertengkaran

10. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti ....
a. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan moral istiadat tetapi tetap berwarna
b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan moral istiadat tetapi tetap satu juga
c. jikalau bersatu kita akan menang dan jikalau bercerai kita gampang d'kalahkan
d. maju terus pantang mundur

11. Buah dari tercetusnya Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia ialah ....
a. Perdamaian
b. Perang kemerdekaan
c. Proklamasi Kemerdekaan
d. Bhinneka Tunggal Ika

12. Persatuan dan kesatuan menumbuhkan semangat ....
a. kesombongan
b. kebersamaan
c. kemenangan
d. pertentangan

13. Bila ada temanmu yang berkelahi, maka sikapmu ialah ….
a. membela
b. melerai
c. mendukung
d. ikut berkelahi

14. Persatuan Indonesia sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan lambang ....
a. padi dan kapas
b. kepala banteng
c. pohon beringin
d. bintang

15. Salah satu cara seorang pelajar berpartisipasi dalam pembangunan adalah
a. bekerja dengan giat
b. siap membantu negara menghasilkan devisa
c. rajin membayar pajak penghasilan
d. berguru dengan rajin

16. Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia harus dijaga. Untuk mewujudkan hal tersebut, perilaku yang harus dipupuk ialah ....
a. egoisme
b. sukuisme
c. toleransi
d. ekstremisme

17. Wilayah Indonesia didiami oleh banyak suku bangsa dengan banyak sekali keanekaragaman. Sikap kita terhadap keanekaragaman tersebut ialah ….
a. membencinya
b. menghindarinya
c. menghormatinya
d. mempermasalahkannya

18. Nilai utama yang sanggup dipetik dari insiden Sumpah Pemuda ialah ....
a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
b. perilaku kerukunan para pemuda
c. pujian sebagai bangsa Indonesia
d. semangat perang melawan Belanda

19. Salah satu tindakan yang sanggup membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah….
a. menyaring budaya gila yang masuk ke Indonesia
b. membina kerukunan hidup
c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
d. mempelajari budaya gila yang sesuai

20. Salah satu kegiatan di lingkungan masyarakat yang mencerminkan perilaku menjaga keutuhan negara kesatuan ialah ....
a. menjaga keamanan lingkungan
b. memanfaatkan lingkungan
c. membuang sampah di sungai
d. merusak lingkungan sekitar

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terang dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku gotong royong? Sebutkan beberapa manfaat dari kegiatan
gotong royong!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

2. Sebutkan pola kegiatan masyarakat sebagai wujud tugas serta dalam menjaga NKRI!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

3. Berikan pola pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

4. Mengapa kerukunan hidup dikatakan sebagai modal utama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

5. Sebutkan arti penting Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

6. Berikan pola beberapa organisasi kepemudaan yang bersifat kedaerahan namun tetap memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

7. Apa yang dimaksud Sumpah Pemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

8. Perlukah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Apa yang sanggup dilakukan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa ini. Jelaskan maksudnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

10. Apa yang kau lakukan terhadap efek dari luar yang sanggup mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa lndonesia?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

11. Bagaimana upaya menggalang persatuan antarpemuda?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

12. Berikan pola pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

13. Dapatkah kemerdekaan diraih bangsa Indonesia tanpa ada persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

14. Berikan pola mengutamakan kepentingan umum di lingkungan masyarakat !
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

15. Jelaskan ihwal budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

16. Bagaimana caramu berkomunikasi dengan suku bangsa lain?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

17. Sebutkan lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

18. Mengapa perbedaan pendapat tidak sanggup disebut sebagai alat pemecah persatuan?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

19. Apa yang sanggup kau lakukan untuk mengatakan bahwa kau gembira menjadi anak Indonesia? Sebutkan 3 saja!
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

20. Bagaimana cara kalian menghargai keragaman suku bangsa dan budaya?
Jawab : .....................................................................................................................................................
..........................................................................................

Kunci Jawaban Room I

1. c. Budi Utomo
2. b. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
3. b. Kongres Pemuda II
4. c. persatuan
5. d. seluruh rakyat Indonesia
6. a. menghargai pendapat orang lain
7. d. tumpah darah
8. c. dinasihati semoga tidak membeda-bedakan
9. b. persatuan
10. b. berbeda-beda suku bangsa, bahasa, dan moral istiadat tetapi tetap satu juga
11. c. Proklamasi Kemerdekaan

12. b. kebersamaan
13. b. melerai
14. c. pohon beringin
15. d. berguru dengan rajin
16. c. toleransi
17. c. menghormatinya
18. a. semangat persatuan dan kesatuan bangsa
19. c. menganggap budaya sukunya paling tinggi
20. a. menjaga keamanan lingkungan

Kunci Jawaban Room II

1. gotong royong ialah bekerja bersama-sama. Manfaatnya pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai
2. kegiatan siskamling, kegiatan kerja bakti, kegiatan sosialisasi bertemakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI
3. rukun dengan teman, mengikuti upacara bendera, menghormati guru
4. alasannya dengan kerukunan maka akan tercipta kedamaian sehingga bangsa Indonesia tidak akan gampang terpecah belah
5. Arti penting sumpah cowok :
1. Mendorong semangat persatuan dan kesatuan
2. Mendorong semangat usaha untuk mencapai kemerdekaan.
3. Pertumbuhan bahasa Indonesia sebagai salah satu unsur kebudayaan Indonesia.
6. Jong Sumatranen Bond dan Jong Java
7. Sumpah Pemuda ialah ikrar para cowok pada tanggal 28 Oktober 1928 sebagai tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia
8. perlu. Yang sanggup dilakukan ialah saling menghormati dan menjaga kerukunan
9. Kerukunan diharapkan untuk menjaga persatuan bangsa maksudnya ialah dikala kerukunan tercipta, maka tercipta pula persatuan
10. mengabaikannya
11. Melakukan kegiatan nyata melalui organisasi kepemudaan pola : karang taruna, dewasa masjid
12. Contoh pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di sekolah :
1. Menghormati sahabat yang berbeda suku dan agama
2. Menghargai pendapat teman
3. Mengikuti upacara dengan khidmat
4. Menjalin persahabatan dan menjauhi permusuhan
5. Menghormati guru

13. Tidak. Karena persatuan dan kesatuan bangsa ialah senjata paling ampuh untuk melawan penjajah

14. melaksanakan musyawarah untuk menuntaskan masalah, mengikuti kerja bakti
15. Gotong royong ialah suatu kegiatan yang dilakukan secara bahu-membahu dan bersifat suka rela dan telah dilakukan masyarakat Indonesia semenjak dulu terutama di tempat pedesaan
16. Cara berkomunikasi dengan suku bangsa lain ialah dengan menggunakan bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia

17. Lima macam keanekaragaman yang ada di Indonesia :
Keragaman agama
Keragaman suku
Keragaman bahasa
Keberagaman moral istiadat
Keberagaman budaya

18. alasannya perbedaan masih sanggup disatukan dengan cara musyawarah untuk mufakat
19. menggunakan produk dalam negeri, melestarikan budaya indonesia dengan cara mempelajarinya, dikala sedang berada di luar negeri tetap mengaku sebagai anak indonesia
20. dengan cara menghormati suku bangsa, mempelajari dan ikut melestarikan budaya

Download Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban

Itulah Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel PPKn dan Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.
Sumber https://juraganles.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel Ppkn Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel